5 MAKANAN KHAS INDONESIA YANG WAJIB DI CICIPI

Berjumpa Lagi Sama Gw. Kali Ini Gw Bakal Ngasih Tau Kepada Lu Yang Sering Makan
Kali Ini Gw Bakal Ngasih Tau Tentang 5Makanan Khas Indonesia Yang Harus/Wajib Lu Cicipi

Yuk langsung Saja :

1. Tahu Sumedang
 
Nikmat Yah Broo
 
Tahu Sumedang adalah tahu khas daerah Sumedang, Jawa Barat. Jika dibeli dalam jumlah banyak, umumnya menggunakan bongsang, anyaman bambu yang dapat memuat 25–100 buah tahu goreng



2. SATE BANDENG
Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke suatu daerah dan tidak mencicipi makanan khas daerah tersebut. Jika sobat berkunjung ke wilayah , Provinsi , jangan lewatkan untuk menikmati kuliner khas yang satu ini. Nama makanan khas yang satu ini adalah Sate Bandeng, merupakan makanan dengan cita rasa yang gurih yang akan membuat sobat ketagihan memakannya.
Menurut cerita, Sate Bandeng pertama kali diolah dan diperkenalkan oleh juru masak kerajaan Banten pada abad ke 16 untuk menjamu para tamu kerajaan. Ikan bandeng memiliki rasa yang gurih, hanya saja ikan ini memiliki duri yang banyak sehingga akan menyulitkan saat dikonsumsi. Oleh karena itulah juru masak kerajaan berpikir bagaimana caranya menyuguhkan ikan bandeng tapi tanpa duri sehingga mudah dikonsumsi, dan terciptalah Sate Bandeng yang gurih dan sekarang menjadi makanan khas serang, Banten. Hingga kini warga Banten menjadikan sate bandeng sebagai salah satu menu makanan sebagai santapan mereka. Bahkan pada perayaan hari besar atau resepsi pernikahan bagi warga Banten, menu makanan ini menjadi semacam menu wajib yang harus tersaji di meja makan.
Sate Bandeng
Proses pembuatan Sate Bandeng cukup unik, yaitu memisahkan terlebih dahulu daging dengan kulit ikan. Setelah terpisah, daging bandeng digiling sampai halus dan lembut lalu dicampur santan kental dan diaduk – aduk dengan menggunakan tangan sampai kenyal, lalu setelah itu dicampur bumbu – bumbu. Adonan yang sudah jadi lalu dimasukkan ke dalam kulit bandeng, dicapit dengan tusukan bambu, lantas dibungkus dengan daun pisang dan dibakar. Setelah matang, daun pisang dilepas. Proses belum selesai. Sisa adonan dilumurkan ke sekujur badan bandeng untuk kemudian dibakar sekali lagi.
Setelah diolah menjadi Sate Bandeng, rasa asli ikan bandeng menjadi hilang dan tergantikan oleh gurihnya santan kental dan bumbu – bumbu lainnya. Kuliner yang satu ini memang menawarkan cita rasa yang lezat dan gurih, apalagi disantap bersama nasi hangat dijamin Maknyus deh… :) so… Ingin makan ikan bandeng tanpa harus repot mencabuti duri-duri lembutnya? jangan lewatkan mencicipi Sate Bandeng jika sobat berkunjung ke Provinsi Banten.


3.SRABI SOLO

NIKMAT BROOO
 
 
Srabi Solo atau Serabi Solo adalah sebuah makanan ringan ala Solo, Jawa Tengah. Makanan ini terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan dan digoreng di atas arang mirip pannekoek atau pannenkoek. Srabi adalah jajanan khas dari Solo yang terbuat dari santan kelapa dicampur dengan sedikit tepung, yang menjadikannya bercitarasa gurih. Biasa juga diberi taburan berupa potongan pisang, nangka atau bahkan meses dan keju bila suka. Srabi yang terkenal berasal dari daerah Notokusuman, yang sering disingkat menjadi Notosuman (Srabi Notosuman).


4. GUDEG
PENJUAL GUDEG NYA MANIS YAH

Gudeg (bahasa Jawa gudheg) adalah makanan khas Yogyakarta dan Jawa Tengah yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan. Perlu waktu berjam-jam untuk membuat masakan ini. Warna coklat biasanya dihasilkan oleh daun jati yang dimasak bersamaan. Gudeg dimakan dengan nasi dan disajikan dengan kuah santan kental (areh), ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek.
Ada berbagai varian gudeg, antara lain:
  • Gudeg kering, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh kental, jauh lebih kental daripada santan pada masakan padang.
  • Gudeg basah, yaitu gudeg yang disajikan dengan areh encer.
  • Gudeg Solo, yaitu gudeg yang arehnya berwarna putih.


5. ONDE-ONDE

NIKMAT BROOOOO


Onde-onde adalah sejenis kue jajanan pasar yang populer di Indonesia. Kue ini sangat terkenal di daerah Mojokerto yang disebut sebagai kota onde-onde sejak zaman Majapahit.[butuh rujukan] Onde-onde dapat ditemukan di pasar tradisional maupun dijual di pedagang kaki lima. Onde-onde juga populer khususnya di daerah pecinan baik di Indonesia maupun luar negeri.
Onde-onde terbuat dari tepung terigu ataupun tepung ketan yang digoreng atau direbus dan permukaannya ditaburi/dibalur dengan biji wijen. Terdapat bermacam-macam variasi, yang paling dikenal adalah onde-onde yang terbuat dari tepung ketan dan di dalamnya diisi pasta kacang hijau. Variasi lain hanya dibuat dari tepung terigu dan diberi warna pada permukaannya seperti putih, merah, atau hijau yang dikenal sebagai onde-onde gandum, yang merupakan onde-onde khas dari kota Mojokerto.


TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA :) SEMOGA BERMANFAAT UNTUK KITA AMIN

JANGAN LUPA COMMENT AND SHARE YA

SHARE ON:

Hello guys, I'm Tien Tran, a freelance web designer and Wordpress nerd. Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque laudantium, totam rem aperiam, eaque ipsa quae.

    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar